7 Jenis Pahala Yang Tidak Disadari dalam Kehidupan Sehari-hari.

by -61 views

Sejatinya, banyak sekali amalan shaleh yang bernilai pahala yang sangat besar tanpa kita sadari. Di antara macam-macam amal shaleh yang memiliki pahala yang tidak kita sadari di antaranya adalah mengumandangkan adzan, mendoakan orang lain, menyingkirkan gangguan di jalan, menjenguk orang sakit, berkata yang baik atau diam, senyum yang membahagiakan, dan menjadi ibu rumah tangga.

1. Mengumandangkan adzan

Dalam suatu riwayat dinyatakan bahwa,

“Barangsiapa yang mengumandangkan adzan selama dua belas tahun maka ia wajib masuk surga. Sekali adzan pada tiap hari ia memperoleh enam puluh kebaikan dan setiap iqamah memperoleh tiga puluh kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dan dianggap shahih oleh al-Bani)

2. Mendoakan orang lain

Mendoakan orang lain merupakan salah satu pahala yang paling besar dalam Islam. Untuk itu, kita sangat dianjurkan untuk mendoakan orang lain dalam setiap doa setelah shalat.

“Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki ataupun perempuan, niscaya Allah SWT akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan yang didoakannya.” (HR. al-Thabrani dan dianggap hasan oleh al-Albani)

3. Menyingkirkan gangguan di jalan

Salah satu amal perbuatan yang tanpa kita sadari memiliki pahala adalah menyingkirkan gangguan di jalan seperti menyingkirkan batu, kulit pisang, dan lain sebagainya yang dapat mencelakakan orang yang melewati jalan tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa menyingkirikan gangguan dari jalan kaum muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari)

4. Menjenguk orang sakit

Ketika saudara kita sakit, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk menjenguk mereka karena menjenguk orang sakit memiliki keutamaan tersendiri. Tindakan ini juga termasuk pada jenis pahala yang tidak disadari Salah satu keutamaan menjenguk orang sakit adalah mendapat pahala dari Allah SWT. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru : “Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga.” (HR. Tirmidzi dan Abu Hurairah)

5. Menjaga lisan

Menjaga lisan dengan cara berkata hal-hal yang baik termasuk kesempurnaan iman. Salah satu keutamaan menjaga lisan dalam Islam adalah mendatangkan pahala. Sebagai muslim, kita diajarkan untuk berbicara hal-hal yang penting saja dan bermanfaat.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Senyum yang membahagiakan

Menujukkan senyum yang ceria dan membahagaikan di depan seorang muslim terkadang sulit untuk dilakukan namun ternyata juga merupakan jenis pahala yang tidak disadari . Salah satu manfaat senyum dalam Islam adalah bernilai sedekah di sisi Allah SWT. Salah satu dalil tentang senyum dalam Islam adalah riwayat dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu. Dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Senyummu di hadapan suadaramu (sesame muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam ash-Shahihah).

7. Menjadi ibu rumah tangga

Menjadi ibu rumah tangga dalam Islam dan mengerjakan setiap tugas ibu rumah tangga dalam Islam dengan niat mendekatkan diri kepada Allah akan mendatangkan banyak pahala. Allah berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 33 yang artinya,

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu, janganlah kamu berhias dan bertangkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang terdahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya.” (QS. Al Ahzab : 33)

Demikianlah ulasan singkat tentang 7 jenis pahala yang tidak disadari. Semoga bermanfaat.

sumber: dalamislam.com